TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI (IT Governance)


Tata Kelola adalah struktur hubungan dan proses untuk mengarahkan dan mengontrol perusahaan agar tujuan bisnis dapat tercapai melalui penambahan nilai sekaligus melalui penyeimbangan resiko terkait dengan pengelolaan proses TI. Tidak hanya proses, namun juga memastikan bahwa proses tersebut telah dipenuhi oleh sumber daya TI yang memberikan dukungan secara optimal terhadap pemenuhan tujuan bisnis.(Riyanarto Sarno, 2009)

Hal yang harus di ketahui dalam Tata Kelola :
ü Tanggung jawab bersama:
Dewan Komisaris (Board) + Pimpinan (Directors) + Departemen TI
ü Merumuskan Strategi TI untuk mendukung Tujuan Organisasi
ü Memastikan Implementasi Strategi TI tersebut
ü Struktur Organisasi manajemen TI
ü Proses-proses manajemen TI
ü Kepemimpinan (leadership)
ü Kewenangan (decision rights)
ü Kejelasan seluruh struktur, proses, & wewenang dalam manajemen TI & kemampuan mempertanggung-jawabkannya (accountibility framework)

Dalam tata kelola sesuatu dapat memberikan banyak masalah dan menghasilkan juga yang terbaik. Dimana hal yang menekankan dalam tata kelola  tersebut contohnya;biaya,kejadian yang tak terduga,frutasi, penolakan dan masih banyak.
Dan kemungkinan dengan melewati semuanya itu kita dapat memberikan kepuasan bagi pemakai baik itu konsumen, staff , pegawai, dll. Dan pastinya memberikan efiensi,competitive, dan anvantage.

Yang harus dicantumkan dalam tata kelola tersebut :
-         Mengarahkan (direct),
-         Mengukur (measure), &
-         Mengevaluasi (evaluate)

    Sumber-daya TI perusahaan  untuk mendukung pencapaian
    Tujuan Strategis organisasi.

    Sumber-daya TI :
ü Uang/modal
ü Infrastruktur (Hardware)
ü Aplikasi (Software)
ü Informasi (data, records)

Prinsip-prinsip Tata-Kelola TI :
      TI seharusnya diadakan, dioperasionalkan & dikembangkan untuk mendukung Bisnis.
      Manajemen TI harus menjadi bagian dalam tata-kelola perusahaan.
      Tata kelola TI melibatkan semua level manajemen  (bukan hanya departemen TI)
      TI seharusnya menjadi aset strategis, bukan sekedar pos pengeluaran perusahaan:
-         Mendukung (menjadi bagian dari) strategi perusahaan mencapai tujuan perusahaan
-         menjadi kelebihan kompetitif perusahaan (competitive advantage) dari kompetitor lainnya.


5 AREA FOKUS Tata-Kelola Teknologi Informasi

1. Strategic Alignment
Adalah Memastikan TI dan BISNIS saling Terkait & Sinergis (dalam hal Strategi, Proses, Infrastruktur)
2. Value Delivery
Memastikan TI mampu merealisasikan Manfaat TI yang dijanjikan sejak awal proyek/program dimulai.
3. Risk Management
Pengenalan, pengukuran, dan pengelompokan (berdasarkan tingkat) resiko-resiko TI, yang selanjutnya diikuti pengalokasian sumber-daya perusahaan secara ekonomis & terkoordinasi untuk meminimalkan, memonitor, & mengkontrol kemungkinan kejadian
yang merugikan (termasuk
Transparansi resiko & penanganannya).
4. Performance Management
Pengukuran unjuk-kerja TI dan dukungannya terhadap Bisnis (termasuk implementasi Strategi & penggunaan sumber daya)
5. Resource Management
Memastikan pengelolaan sumber-daya TI perusahaan efektif dan efisien (termasuk organisasi staf TI yang lebih efisien).


DOWNLOAD FILE LENGKAP DISINI
TATA KELOLA . DOC
TATA KELOLA . PPT

Post a Comment

0 Comments