Tata Kelola
adalah struktur hubungan dan proses untuk mengarahkan dan
mengontrol perusahaan agar tujuan bisnis dapat tercapai melalui penambahan
nilai sekaligus melalui penyeimbangan resiko terkait dengan pengelolaan proses
TI. Tidak hanya proses, namun juga memastikan bahwa proses tersebut telah
dipenuhi oleh sumber daya TI yang memberikan dukungan secara optimal terhadap
pemenuhan tujuan bisnis.(Riyanarto
Sarno, 2009)
Hal yang
harus di ketahui dalam Tata Kelola :
ü Tanggung jawab bersama:
Dewan Komisaris (Board) + Pimpinan (Directors) + Departemen TI
Dewan Komisaris (Board) + Pimpinan (Directors) + Departemen TI
ü Merumuskan Strategi TI untuk
mendukung Tujuan Organisasi
ü Memastikan Implementasi Strategi TI
tersebut
ü Struktur Organisasi manajemen TI
ü Proses-proses manajemen TI
ü Kepemimpinan (leadership)
ü Kewenangan (decision rights)
ü Kejelasan seluruh struktur, proses, &
wewenang dalam manajemen TI & kemampuan mempertanggung-jawabkannya
(accountibility framework)
Dalam tata
kelola sesuatu dapat memberikan banyak masalah dan menghasilkan juga yang
terbaik. Dimana hal yang menekankan dalam tata kelola tersebut contohnya;biaya,kejadian yang tak
terduga,frutasi, penolakan dan masih banyak.
Dan
kemungkinan dengan melewati semuanya itu kita dapat memberikan kepuasan bagi
pemakai baik itu konsumen, staff , pegawai, dll. Dan pastinya memberikan
efiensi,competitive, dan anvantage.
Yang harus
dicantumkan dalam tata kelola tersebut :
-
Mengarahkan (direct),
-
Mengukur (measure),
&
-
Mengevaluasi (evaluate)
Sumber-daya TI perusahaan untuk mendukung pencapaian
Tujuan Strategis organisasi.
Tujuan Strategis organisasi.
Sumber-daya TI :
ü Uang/modal
ü Infrastruktur (Hardware)
ü Aplikasi (Software)
ü Informasi (data, records)
Prinsip-prinsip
Tata-Kelola TI :
•
TI seharusnya
diadakan, dioperasionalkan & dikembangkan untuk mendukung Bisnis.
•
Manajemen TI harus
menjadi bagian dalam tata-kelola perusahaan.
•
Tata kelola TI melibatkan
semua level manajemen (bukan
hanya departemen TI)
•
TI
seharusnya menjadi aset strategis, bukan sekedar pos pengeluaran
perusahaan:
-
Mendukung (menjadi bagian dari) strategi perusahaan mencapai tujuan perusahaan
-
menjadi
kelebihan kompetitif perusahaan (competitive advantage) dari
kompetitor lainnya.
5 AREA
FOKUS Tata-Kelola Teknologi Informasi
1. Strategic Alignment
Adalah Memastikan TI dan BISNIS saling Terkait
& Sinergis (dalam hal Strategi, Proses, Infrastruktur)
2. Value Delivery
Memastikan TI mampu merealisasikan Manfaat TI yang
dijanjikan sejak awal proyek/program dimulai.
3. Risk Management
Pengenalan, pengukuran, dan pengelompokan (berdasarkan
tingkat) resiko-resiko TI, yang selanjutnya diikuti pengalokasian
sumber-daya perusahaan secara ekonomis & terkoordinasi untuk meminimalkan,
memonitor, & mengkontrol kemungkinan kejadian
yang merugikan (termasuk
Transparansi resiko & penanganannya).
yang merugikan (termasuk
Transparansi resiko & penanganannya).
4. Performance Management
Pengukuran unjuk-kerja TI dan dukungannya terhadap
Bisnis (termasuk implementasi Strategi & penggunaan sumber daya)
5. Resource Management
Memastikan pengelolaan sumber-daya TI perusahaan
efektif dan efisien (termasuk organisasi staf TI yang lebih efisien).
DOWNLOAD FILE LENGKAP DISINI
TATA KELOLA . DOC
TATA KELOLA . PPT
DOWNLOAD FILE LENGKAP DISINI
TATA KELOLA . DOC
TATA KELOLA . PPT

0 Comments