Area Fokus Tata-Kelola TI yaitu :
1.IT Strategic Alignment artinya Memastikan TI dan BISNIS saling Terkait & Sinergis (dalam hal Strategi, Proses, Infrastruktur).
2.IT value delivery artinya Memastikan TI mampu merealisasikan Manfaat TI yang dijanjikan sejak awal proyek/program dimulai.
3.Risk management artinya Pengenalan, pengukuran, dan pengelompokan (berdasarkan tingkat) resiko-resiko TI.
4.Performance measurement artinya Pengukuran unjuk-kerja TI dan dukungannya terhadap Bisnis (termasuk implementasi Strategi & penggunaan sumber daya).
5.Resource Management artinya Memastikan pengelolaan sumber-daya TI perusahaan efektif dan efisien (termasuk organisasi staf TI yang lebih efisien).
Tujuan Tata Kelola TI
Tujuan penerapan Tata Kelola TI dapat dibedakan berdasarkan tujuan jangka pendek dan tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang.Dalam jangan pendek Tata Kelola TI dapat digunakan untuk menekan biaya operasional TI dengan cara mengoptimalkan operasi-operasi yang ada didalamnya Hal ini dapat dicapai melalui kendali-kendali yang diterapkan pada setiap proses penggunaan sumber daya TI dan penanganan resiko-resikonya sedangkan dalam jangka panjang penerapan tata kelola TI membantu perusahaan untuk tetap fokus terhadap nilai strategis TI dan memastikan penerapan TI tetap mendukung pencapaian tujuan perusahaan.

0 Comments