Tata Kelola Teknologi Informasi





Tata Kelola TI adalah struktur hubungan dan proses untuk mengarahkan dan mengontrol perusahaan agar tujuan bisnis dapat tercapai melalui penambahan nilai sekaligus melalui penyeimbangan resiko terkait dengan pengelolaan proses TI.
Contoh bisnis dengan ketergantungan TI sangat tinggi yaitu : Penerbangan,Perbankan,Perguruan Tinggi,dan Organisasi Pemerintah.

Tuntutan Peningkatan Peran TI bagi Bisnis:
Pada Awalnya TI berperan dari  EFISIENSI atau yang menggantikan manusia dengan TI yang lebih efisien.Berubah menjadi peran EFEKTIF yang menjadi tempat untuk menyediakan informasi dan pengambilan keputusan manajemen yang tepat.dan pada akhirnya dimasa sekarang TI berperan sebagai COMPETITIVE ADVANTAGE atau Strategic Information System, yakni SI/TI sebagai senjata bersaing yang ampuh.

Adapun yang dilakukan dalam Tata Kelola TI dengan melakukan seperti :
-          Tanggung jawab bersama:Dewan Komisaris (Board) + Pimpinan (Directors) + Departemen TI
-          Merumuskan Strategi TI untuk mendukung Tujuan Organisasi
-          Memastikan Implementasi Strategi TI tersebut
-          Struktur Organisasi manajemen TI
-          Proses-proses manajemen TI
-          Kepemimpinan (leadership)
-          Kewenangan (decision rights)
-          Kejelasan seluruh struktur, proses, & wewenang dalam manajemen TI & kemampuan mempertanggung-jawabkannya (accountibility framework)

Prinsip-prinsip Tata Kelola TI :
              TI seharusnya diadakan, dioperasionalkan & dikembangkan untuk mendukung Bisnis.
              Manajemen TI harus menjadi bagian dalam tata-kelola perusahaan.
              Tata kelola TI melibatkan semua level manajemen  (bukan hanya departemen TI)
              TI seharusnya menjadi aset strategis, bukan sekedar pos pengeluaran perusahaan:

-          Mendukung (menjadi bagian dari) strategi perusahaan mencapai tujuan perusahaan
-          menjadi kelebihan kompetitif perusahaan (competitive advantage) dari kompetitor lainnya.

Post a Comment

0 Comments